Kanal

Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Masyarakat diminta waspada terhadap terhadap potensi peredaran uang palsu menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Sebab, Polresta Pekanbaru mengendus ada kemungkinan peredaran uang palsu diprediksi akan terjadi. 

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra, meminta masyarakat segera membuat laporan jika mendapati atau mengetahui adanya peredaran uang palsu. 

Untuk itu, Bery mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati mengenai potensi penggunaan uang palsu yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan perbankan, dan akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat perihal ciri-ciri uang palsu,” ucap Bery, Kamis (25/1/2024) dikutip dari jpnn.com. 

Bery menegaskan, pihaknya tentu akan menerapkan penegakan hukum kepada siapa pun yang coba-coba mengedarkan uang palsu, termasuk di masa rangkaian Pemilu seperti sekarang. 

Hal ini disampaikan mengingat terjadi kasus hipnotis di Pekanbaru dengan barang bukti uang palsu, beberapa waktu lalu. 

Beruntung, pihak kepolisian dengan cepat bisa menangkap pelaku sehingga uang palsu bisa segera disita untuk diamankan dan tak beredar di masyarakat. 

Kasat Reskrim juga mengimbau agar masyarakat menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu pada Februari 2024 mendatang. 

"Jaga situasi Kamtibmas, supaya Pemilu bisa terselenggara dengan lancar, aman dan damai tanpa gangguan keamanan. Jika menjadi korban atau mengetahui adanya aksi kriminalitas, segera laporkan, untuk kita tindaklanjuti," pesan Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER