Kanal

Tahun Ini, 68 Unit RLH Bakal Dibangun di Kota Pekanbaru

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) -  Di wilayah Pekanbaru masih ditemukan rumah yang belum layak huni. Maka, tahun 2024 ini sebanyak 68 unit rumah layak huni (RLHl) bakal dibangun di Kota Pekanbaru. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Kadis Perkim) Kota Pekanbaru Mardiansyah menjelaskan, anggaran pembangunan 68 unit RLH ini diantaranya berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau. 

"Pembangunan RLH ini sesuai usulan masyarakat," ungkap Mardiansyah. 

Lanjutnya, tim dari Dinas Perkim Kota Pekanbaru melakukan verifikasi terkait usulan yang disampaikan. Lalu, ada juga penerima bantuan RLH ini berasal dari masyarakat yang belum terjaring. 

Dirinya mengaku dinas sudah memiliki basis data calon penerima bantuan pembangunan RLH di Kota Pekanbaru. Pihaknya nanti menentukan prioritas calon penerima bantuan RLH pada tahun ini. 

Dirinya menjelaskan, RLH yang dibangun berupa rumah tipe 36 dengan satu kamar mandi. Nilai RLH yang dibangun ada di kisaran Rp 50 juta hingga Rp 75 juta. 

Saat ini ada satu rumah yang jadi prioritas berada di Kecamatan Bina Widya. Rumah itu sempat dikunjungi oleh tim Dinas Perkim Kota Pekanbaru bersama Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun pada awal tahun 2024. 

"Ada satu rumah yang sudah masuk dalam database kita, sempat dikunjungi pak Pj. InsyaAllah kita bantu, karena kondisinya memprihatinkan," jelas Kadis Perkim. 

Ia menegaskan, program RLH ini tidak berlangsung di satu kecamatan saja. Melainkan secara merata di seluruh kecamatan Kota Pekanbaru. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER