Kanal

Masyarakat Diajak Konsumsi Makanan dengan Porsi B2SA, Apa Itu?

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengajak masyarakat agar mengonsumsi makanan dengan porsi B2SA. B2SA adalah akronim dari Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman. 

"Sebelumnya kita mendengar istilah '4 sehat 5 sempurna,' sebagai panduan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Sekarang panduan tersebut dilanjutkan dengan konsep Isi Piringku atau B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman)," ungkap Kepala Disketapang Pekanbaru Maisisco. 

Ia menjelaskan, porsi makan B2SA merupakan pembagian makanan dalam satu piring, yakni 1/3 bagian adalah makanan pokok, 1/6 lauk pauk, 1/3 sayuran dan 1/6 buah-buahan. 

"Pangan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan karbohidrat, vitamin, protein, mineral yang dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang seimbang," ujar Maisisco. 

Ia memaparkan, makna beragam dari  B2SA l, diantaranya adalah terdapat bermacam-macam jenis makanan, baik hewani maupun nabati, sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. 

Kemudian, Bergizi yang berarti mengandung zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Selanjutnya, Seimbang artinya dikonsumsi secara cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu dengan tetap memperhatikan proporsinya sesuai dengan isi piring. 

"Lalu, makanan harus aman yang artinya harus bebas dari cemaran fisik, kimia, dan mikrobiologi sehingga proses pengolahan dan penyimpanan makanan harus dilakukan," pungkasnya. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER