Kanal

Baju Jadi Apek karena tak Kering? Jangan Khawatir ya Mom, Atasi dengan Cara Ini!

RUANGRIAU.COM - Di akhir tahun ini, musim hujan sudah tiba ya Mom. Biasanya di musim seperti ini, pakaian yang dicuci Mom jadi sulit kering, karena jarang ada sinar matahari.

Akibatnya, baju pun bisa bau apek lantaran enggak kering. Tapi, Mom jangan khawatir ya!

Mom bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan lima bahan alami ini. Yuk Mom, simak apa saja bahan-bahan yang bisa Mom gunakan untuk mengatasi bau apek pada pakaian, seperti dilansir dari https://www.beautynesia.id.

1. Soda Kue

Bahan pertama yang bisa Mom gunakan untuk mengatasi pakaian bau apek adalah soda kue. Caranya, bentangkan baju yang tidak kering dengan rapi pada permukaan datar. Setelah itu, Mom taburkan soda kue pada baju tersebut dan diamkan selama satu malam.

Keesokan harinya, Mom hilangkan soda kue tersebut dengan sikat lembut lalu jemur kembali pakaianmu.

2. Cuka

Meskipun baunya enggak enak, tapi cuka bisa Mom manfaatkan juga untuk mengusir bau apek pada pakaian lho! Caranya, Mom campurkan dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan deterjen dan air hangat.

Rendam pakaian selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu, cuci seperti biasa dan tambahkan pengharum pakaian agar bau apek pada pakaian semakin hilang.

3. Air Lemon

Buah yang satu ini memang sudah dikenal memiliki banyak sekali manfaat lho Mom. Salah satunya, air lemon juga mampu untuk mengusir bau apek pada pakaian yang enggak kering.

Caranya, Mom hanya tinggal merendam baju apek ke dalam larutan deterjen yang sudah dicampurkan dengan air perasan lemon. Perbandingannya sekitar satu gelas air perasan lemon dan satu sendok takar deterjen. Diamkan 15 hingga 30 menit lalu cuci seperti biasa.

4. Air Panas

Air panas juga merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan bau apek pada baju, Mom. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahan pakaian yang Mom cuci tahan panas agar enggak rusak ya. Langkah pertama, masukkan air panas ke dalam ember atau mesin cuci.

Jika Mom menggunakan mesin cuci, pilih mode warm water lalu masukkan deterjen cair. Kucek hingga deterjen larut sempurna lalu diamkan hingga 30 menit. Setelah itu, cuci seperti biasa dan gunakan pewangi anti bakteri pada bilasan terakhir.

5. Bubuk Kopi

Nah, yang terakhir, Mom juga bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menghilangkan bau apek pada baju. Hal ini disebabkan karena bubuk kopi dikenal mampu menyerap bau tak sedap.

Caranya juga cukup mudah, Mom. Masukkan bubuk kopi dalam kantong kertas, lalu letakkan di dalam lemari pakaian dekat baju yang bau apek. Setelah itu, diamkan hingga semalaman. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER