Kanal

Penting untuk Dibaca! Ini Lama Waktu Covid-19 Bertahan di Berbagai Permukaan Benda

RUANGRIAU.COM - Sejumlah studi telah mengungkapkan bahwa Covid-19 atau virus corona dapat bertahan hidup di atas permukaan. Lamanya virus ini bertahan hidup pun tergantung dari jenis permukaan benda tersebut.

Menurut Ratih Asmara Ningrum dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, seperti dikutip dari detikHealth, virus corona dapat bertahan hidup selama tujuh hari di permukaan bagian dalam masker bedah.

"Masker bedah di bagian dalam itu tujuh hari dan di permukaan bagian luarnya ternyata lebih dari tujuh hari stabilitas virusnya," kata Ratih dalam webinar yang diadakan oleh LIPI, Selasa (16/2/2021).

"Jadi setelah tujuh hari dia masih aktif kalau di bagian luar masker bedah," lanjutnya.

Ratih memaparkan, di beberapa jenis alat pelindung diri (APD) Covid-19 dapat bertahan hidup lebih lama. Contohnya, pada masker N95 virus ini bisa bertahan sampai 21 hari.

"Sementara untuk stabilitas alat pelindung diri itu ternyata lebih tinggi stabilitasnya, seperti di masker N95 itu bisa sampai 21 hari," jelasnya.

Oleh karena itu, jika tidak didisinfeksi dengan benar, berbagai jenis benda ini dikhawatirkan bisa menjadi media penularan Covid-19.

Berikut lamanya waktu bertahan hidup Covid-19 di permukaan benda, seperti yang dijelaskan oleh Ratih.

Tisu: 3 jam

Kain: 24 jam

Kayu: 24 jam

Gelas: 3 hari

Uang kertas: 3 hari

Stainless: 6 hari

Plastik: 6 hari

Masker bedah bagian dalam: 7 haru

Masker bedah bagian luar: lebih dari 7 hari

Sarung tangan karet: 4 hari

Sarung tangan nitrile: 6 hari

Masker N95: 21 hari

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER