Kanal

Mom, Ini Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat hamil

RUANGRIAU.COM - Kehamilan merupakan momen istimewa bagi para wanita sekaligus momen di mana wanita mengalami banyak perubahan fisik.

Tak hanya perut yang membengkak dengan adanya kehadiran bayi dalam tubuh wanita, namun bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki, juga turut ikut membengkak.

Namun, para Mom tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan hal yang umum terjadi selama masa kehamilan.

Seorang health coach bernama Jaime McFaden asal Aaptiv seperti dikutip dari detikHealth, mengatakan bahwa mengalami pembengkakan selama kehamilan sangatlah normal.

"Tubuh Mom berubah drastis dan hormon pun berubah. Mom memproduksi lebih banyak cairan dalam tubuh daripada sebelumnya sehingga tubuh dapat melembutkan dan memberi ruang untuk bayi," ujarnya, dikutip dari laman Aaptiv yang dilansir detikHealth.

McFaden kemudian juga menambahkan bahwa sebanyak 20 persen dari kenaikan berat badan yang sehat selama masa kehamilan disebabkan oleh peningkatan cairan tersebut. Selain itu rahim yang terus bertumbuh juga dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah rusak dan kembali ke jantung.

Umumnya, terdapat sejumlah bagian tubuh Mom yang tampak membengkak, seperti pada tungkai, kaki, serta pergelangan kaki. Hal tersebut biasanya terjadi apabila ibu hamil sering berdiri atau berjalan-jalan dalam waktu lama. Tak hanya kaki, tangan dan wajah pun bisa saja membengkak.

Dahlas Fletcher, seorang spesialis olahraga kehamilan, mengatakan, tidak jarang ibu hamil juga mengalami keram selama masa kehamilan, khususnya pada trimester ketiga.

Banyak pula ibu hamil yang turut mengalami beberapa bentuk kejang otot di kaki dengan keram yang sering terjadi pada saat tidur. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, yakni adanya penambahan berat badan alami selama kehamilan, perubahan sirkulasi dengan tekanan bayi yang sedang bertumbuh, gerakan terbatas dan perubahan postur tubuh, serta beberapa alasan lainnya.

Melansir WebMD, tips mengatasi kaki bengkak saat Mim hamil yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Rileks

Pembengkakan sedianya bisa bertambah parah jika Mom terus menerus menghabiskan waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan. Karenanya, sering-seringlah beristirahat dan angkat kaki Mom.

2. Pijatan lembut

Pijatan lembut ke arah jantung merupakan cara lain untuk menenangkan kaki dan menjauhkan cairan berlebih dari bagian ini. Rendaman garam yang dingin juga dapat meredakan nyeri yang mungkin timbul akibat pembengkakan.

3. Coba pose yoga

Tempatkan kaki yang terangkat ke dinding saat Mom berbaring telentang. Pembuluh darah besar yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung tidak akan memiliki beban rahim di atasnya.

4. Bergerak

Olahraga ringan seperti berjalan kaki singkat beberapa kali sepanjang hari, atau sekadar melenturkan kaki dapat membantu mencegah pembengkakan yang dapat terjadi jika berada dalam satu posisi terlalu lama.

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER