Kanal

Wagubri Bersama Tim GSSB Gencar Ajak Masyarakat Kembali Ramaikan Masjid

PEKANBARU (RUANGRIAU) - Melalui Gerakan Salat Subuh Berjamaah (GSSB), Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution bersama tim GSSB dengan gencar mengajak masyarakat kembali meramaikan masjid.

Sabtu subuh, Wagubri melanjutkan dakwahnya ke Masjid Paripurna An-Najah, Jalan Sakuntala, Tengkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Sabtu (11/2/2023).

Wagubri mengatakan, GSSB merupakan program Pemprov Riau. Kegiatan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016 oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau. Hingga kini, GSSB sudah terlaksana sebanyak 103 kali di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"GSSB menghadapi pasang surut dalam prosesnya, yaitu pada saat pandemi Covid-19. Dikarenakan kebijakan Pemprov Riau melalui masukan dari para ulama dan praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk pembatasan melaksanakan ibadah di masjid," ucapnya.

Oleh karena itu, ucap Wagubri, di saat kondisi mulai membaik, maka menjadi tugas pemerintah untuk mengajak masyarakat kembali meramaikan masjid.

"Kebijakan tentang larangan ini nantinya tentu akan dipertanggungjawabkan, maka selain untuk mengajak ke jalan kebaikan, GSSB juga merupakan upaya saya dalam mempersiapkan saksi di hadapan Allah SWT sebagai pemimpin yang mengeluarkan kebijakan tentang larangan beribadah di rumah-rumah ibadah," kata Edy Natar.

Sementara, Ketua GSSB Riau Zulhusni Domo yang juga menjabat sebagai Ketua Harian MUI Riau menjelaskan, pentingnya persatuan pergerakan antara ulama dan umara atau pemimpin dalam membimbing umat.

"Umat ini tergantung dengan bagaimana ulama dan umara nya, jika tidak baik ulama dan umara maka umat pun akan buruk, karena tidak ada peran yang membimbing," terangnya.

"Alhamdulillah sejak tahun 2019 pada GSSB yang ke-15 pak Wagub juga gencar bersama tim GSSB mengajak masyarakat melaksanakan subuh berjamaah," ucap Zulhusni. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER