Kanal

Calon Pemain Naturalisasi Indonesia, Dipanggil Timnas Belanda

AMSTERDAM (RUANGRIAU.COM) - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner dipanggil Timnas Belanda U-20 untuk uji coba melawan Timnas Prancis U-20 pada akhir bulan ini.

Nama Justin Hubner masuk ke dalam daftar 35 pemain seleksi Timnas Belanda U-20. Padahal, bek berusia 19 tahun itu tengah dalam proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Situs Ons Oranje mengabarkan bahwa Timnas Belanda U-20 akan berlatih tanding dengan Prancis U-20 di Banus Football Center, Marbella, Spanyol pada 25 Maret 2023.

Skuad final Timnas Belanda U-20 untuk menghadapi Prancis U-20, termasuk kepastian Justin Hubner lolos seleksi atau tidak, bakal diumumkan pada 17 Maret 2023.

Sudah 2 Kali Main untuk Timnas Indonesia U-20

Justin Hubner adalah bek Wolverhampton Wanderers U-21 yang bermain di Premier League 2 2022/2023 atau kompetisi U-21 di Liga Inggris.

Justin Hubner lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 Septeber 2003. Kakeknya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, sementara neneknya dari Bandung, Jawa Barat.

Transfermarkt mendata bahwa Justin Hubner pernah membela Timnas Belanda U-19 sebanyak tujuh kali dalam uji coba dan Kualifikasi Piala Eropa U-19 pada 2021-2022.

Justin Hubner juga sudah pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Palang pintu berkaki kidal ini bertanding dua kali pada turnamen Costa Calida Region de Murcia Football Week.

Naturalisasi Sudah Disetujui

Sebelumnya, naturalisasi Justin Hubner bersama dua pemain keturunan lainnya, Ivar Jenner dan Rafael Struick, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick diproyeksikan membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Setelah menerima lampu hijau dari Presiden, proses naturalisasi ketiganya untuk Timnas Indonesia U-20 akan memasuki tahapan Sidang Paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Pak Presiden sudah menandatangani. Saya sudah terima dan masih harus menunggu sidang paripurna DPR karena DPR masih reses," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Amali.

Alur Naturalisasi

Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick adalah permintaan dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong ingin ketiganya memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 untuk mewujudkan target lolos dari babak penyisihan atau masuk ke-16 besar.

Alur naturalisasi ketiganya dimulai dari PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kemensetneg, BIN, dan kemudian kembali Kemensetneg untuk dilanjutkan kepada Presiden, masuk sidang DPR, menjadi Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

Artinya, proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick tinggal beberapa langkah lagi sebelum resmi menjadi WNI.

Proyeksi Piala Dunia U-20 2023

Setelah prosedur naturalisasi kewarganegaraan itu selesai, PSSI masih harus mengurus perpindahan asosiasi ketiganya di FIFA dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Bila FIFA mengesahkan alih status ketiganya, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick dapat membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Setelah masuk sidang paripurna DPR, langsung saya dorong untuk tahapan-tahapan akhir naturalisasi," ucap Amali. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER