Kanal

Jabat Menpora, Dito Ariotedjo Mundur dari RANS!

JAKARTA (RUANGRIAU.COM) - Setelah resmi dilantik oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengundurkan diri dari RANS. Dito menegaskan dia harus menaungi semua pihak. 

"Pastilah, kan otomatis sebagai Menpora saya harus menaungi semua stakeholder, jadi tidak ada conflict of interest, jadi saya akan mundur," ungkap Dito kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023). 

Dito menjelaskan, pengunduran resmi disampaikan hari ini. Dia sementara tidak akan ikut terlibat di perusahaan yang dibentuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu. 

Dito juga mengungkap komentar lain setelah dirinya diamanahkan menjadi Menpora. Menurut dia, Raffi sangat bahagia. 

"Bahagia lah karena mendapat tugas yang lebih besar," ujar Dito. 

Dito Ariotedjo merupakan kader muda Partai Golkar yang kini berusia 32 tahun. Dito lahir di Jakarta, 25 September 1990. 

Dilansir laman resmi Partai Golkar, Dito Ariotedjo pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). 

Dito juga merupakan seorang pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad. Dilansir dari Antara, Dito juga menjabat Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). 

Dapat Tiga Arahan dari Jokowi 

Presiden Jokowi memberikan tiga arahan penting kepada Menpora. Jokowi ingin cabang olahraga yang berpotensi menyumbangkan medali untuk diprioritaskan di ajang SEA Games dan Asian Games. 

"Pertama, Pak Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali. Jadi harus efisien tetapi kita mendapatkan hasil medali yang baik," kata Dito. 

Arahan kedua Jokowi ke Dito adalah tentang pentingnya liga olahraga yang masif di setiap jenjang. Jokowi juga ingin adanya liga antarkampung alias Tarkam. 

"Kedua arahan Presiden ingin liga-liga pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan sekolah, kuliah, dan juga untuk rakyat kita diminta untuk menggalakkan liga antarkampung," ujar Dito. 

Arahan terakhir adalah Jokowi ingin industri olahraga Indonesia semakin maju. Jokowi mendorong para pemuda ke arah kewirausahaan. 

"Pak Presiden ingin pengembangan Pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas, dan dengan capaian indeks pemudanya naik," ujar Jokowi. 

Dito juga ingin melanjutkan program dari Menpora sebelumnya. Sentra pelayanan kepemudaan nasional hingga event besar olahraga bakal ditingkatkan. 

Selain itu, Dito sempat melontarkan candaan mengenai berat badannya. Dia berjanji untuk mulai diet. 

"Tapi ada satu sih yang perlu dikurangi kalau dari saya, itu berat badan saya pasti. Jadi kita hari ini diet makin keras, latihan makin keras. Mungkin teman-teman nanti mau ikut latihan sama saya di Kemenpora," ujar Dito sambil bergurau. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER