Kanal

Ketua Komisi II dan III DPRD Kampar Resmikan Laboratorium Sentral RSUD Bangkinang

KAMPAR (RUANGRIAU.COM) - Ketua Komisi II DPRD Kampar Habiburrahman dan Ketua Komisi III Zumrotun bersama Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Ir Azwan MSi meresmikan Penggunaan Laboratorium Sentral RSUD Bangkinang, Selasa (21/3/2023). 

Peresmian tersebut dilaksanakan di Gedung Laboratorium Sentral RSUD Bangkinang Desa Batu Belah Kecamatan Kampar. 

Hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Kabupaten Kampar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Zulhendra Dasa’at, Direktur RSUD Bangkinang serta pejabat di lingkungan RSUD Bangkinang. 

Zumrotun selaku Ketua Komisi III yang membawahi bidang kesehatan mengapresiasi kinerja Pemkab Kampar beserta seluruh pihak yang mendukung pembangunan sarana dan prasarana Gedung Laboratorium Sentral RSUD Bangkinang ini. 

"Tentunya ini membuat kinerja pihak Rumah Sakit akan lebih mudah dan cepat dalam melayani masyarakat Kabupaten Kampar," ujar Srikandi Partai Gerindra Kabupaten Kampar. 

Pembangunan Laboratorium sentral RSUD Bangkinang ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, dan merupakan langkah penting dalam pengembangan pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Kampar. 

Plt Sekda Kampar mengatakan pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan (SPA) harus bersamaan dengan peningkatan tata kelola yang baik. 

Kompetensi fasilitas pelayanan kesehatan harus dipenuhi dan dikelola dengan adanya SPA, Sumber Daya Manusia (SDM), pemenuhan akreditasi, pembiayaan, sistem pelayanan dan rujukan. 

"Dibangunnya gedung ini untuk menunjang segala aspek dalam kesehatan, maka perlu adanya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan. Hal ini akan memiliki dampak positif dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berpotensi," kata Plt Sekda. 

Ia juga menjelaskan hal utama yang harus diperhatikan adalah kesehatan, maka dari itu segala bentuk hal yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sehat adalah dimulai dengan membangun sarana dan prasarananya. 

Azwan menjelaskan salah satu pemenuhan sarana dan alat kesehatan adalah salah satunya Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar telah membangun Gedung Laboratorium Sentral ini dibangun dengan standar yang tinggi dan dilengkapi dengan peralatan medis modern yang memadai dengan sumber pembiayaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022. 

Azwam juga menerangkan, dengan adanya gedung Laboratorium Sentral yang mencakup layanan Pathologi Klinis, Pathologi Anatomi, Mikrobiologi dan Unit Transfusi Darah, diharapkan akan mempercepat penanganan pasien, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan, serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pasien dan keluarga yang datang ke RSUD Bangkinang. 

Ia juga berpesan kepada seluruh staf rumah sakit, agar senantiasa menjaga gedung Laboratorium Sentral ini dengan baik, memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada seluruh pasien yang datang. 

Terakhir dalam sambutannya Azwan menyampaikan semoga dengan dibangunnya gedung Laboratorium Sentral ini, pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Kampar semakin baik dan meningkat. (Advertorial)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER