Kanal

Hai Mom, Ini 8 Doa agar Cepat dan Lancar Melahirkan

RUANGRIAU.COM - Fase melahirkan menjadi hal yang kerap membuat calon Mom deg-degan. Tidak saja muncul rasa cemas tetapi juga kekhawatiran yang kerap berlebihan. Sehingga banyak ibu hamil mencari dan menghafalkan doa agar cepat melahirkan. 

Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi ya, Mom. Khususnya bagi ibu baru, yang memandang proses persalinan adalah sesuatu yang tidak mudah. Kecemasan biasanya meningkat berkali-kali lipat saat hari-hari menjelang persalinan. 

Rasa khawatir akan proses melahirkan yang menakutkan, keselamatan buah hati, dan berbagai kekhawatiran lainnya kerap melanda. Hal itu juga sangatlah wajar karena proses melahirkan memang tidak mudah untuk dilalui. 

Pada dasarnya, keinginan semua ibu, tentu saja melahirkan dengan persalinan normal dan proses cepat dan lancar tanpa kendala. Apalagi, seorang ibu mempertaruhkan nyawanya dalam proses melahirkan. Tentu saja ini bukan hal yang mudah dan ringan. 

Biasanya, setiap wanita memiliki caranya masing-masing dalam menetralisir kecemasan jelang melahirkan. Salah satunya yang penting dan kerap dilakukan yakni melantunkan doa agar cepat dan lancar melahirkan. 

1. Doa agar ibu hamil cepat kontraksi 

Pada detik-detik menjelang persalinan, suami dapat membaca doa agar istrinya dimudahkan dan cepat kontraksi. Berikut doa yang dibaca agar cepat melahirkan:

(Haanah waladat maryam, wa maryam waladat 'iisaa, ukhruj ayyuhal mauluudu bi qudratil malikil ma'buud. Allahumma shaali 'alaa sayyidinna muhammaddin sahhil wa yassir maa ta'assar

Artinya: "Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, lahirlah dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Disembah. Ya Allah, semoga rahmat senantiasa tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, gampangkanlah dan mudahkan sesuatu yang sulit." 

2. Membaca Ayat Kursi sebanyak satu kali agar persalinan dimudahkan 

Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar halaman 298 menjelaskan bahwa ketika detik-detik persalinan berlangsung, ada baiknya suami membaca ayat kursi sebanyak satu kali dan membaca surat Al A'raf ayat 54 sambil menunggu bayinya lahir. 

Kemudian, lanjutkan juga dengan membaca surat Al Falaq dan An Nas sebanyak masing-masing satu kali. 

Berikut bacaan ayat kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255 yang dapat dibaca satu sebagai doa agar cepat melahirkan: 

(Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim

Artinya: " Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." 

3. Membaca surat Al-A'raf ayat 54 sebanyak satu kali agar melahirkan mudah 

Berikut bacaan surat Al-A'raf ayat 54: 

(Inna rabbakumulladzi kholaqas samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummastawa 'alal 'arsyi yughsyil lailan nahara yathlubuhu hatsitsan wasy syamsa wal qamara wan nujuma musakhkharatim bi amrihi ala lahul khalqu wal amru tabârokaLlahi rabbil 'alamin

Artinya: "Sesungguhnya Tuhan kamu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam. 

4. Membaca surat Al-Falaq dan An-Nas sebanyak satu kali 

Doa selanjutnya yang dapat dibaca adalah surat Al-Falaq dan An-Nas. Masing-masing dapat dibaca satu kali agar proses persalinan berjalan lancar. Berikut becaan surat Al-Falaq dan An-Nas: 

Surat Al-Falaq ayat 1-5 

(Qul a'uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil 'uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh", dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." 

Surat An-Nas 

(Qul a'uzu birabbin-nas. Malikin-nas. Ilahin-nas. Min syarril-waswasil-khannas. Allazi yuwaswisu fi ?udurin-nas. Minal-jinnati wan-nas

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia." 

5. Doa agar cepat dan lancar melahirkan 

Seperti dikutip dari laman almunawwar, selain membaca doa-doa di atas, Ayah dan Bunda dapat memperbanyak juga bacaan doa berikut: 

La ilaha illaLiahul 'adzimul halim. La ilaha illaLiahu Rabbul 'arsyil 'adzim. La ilaha illaLiahu Rabbus samawati wal ardli wa Robbul 'arsyil 'adzim 

Artinya: "Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik 'Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan 'Arsy yang Agung." 

Bacaan lain yang juga perlu diperbanyak adalah salawat kepada Rasulullah SAW seperti Shalawat Nariyah, dan shalawat lainnya. Semoga Allah melancarkan persalinan Bunda. Aamiin. 

6. Doa saat mau melahirkan 

Berikut 2 doa yang bisa dipanjatkan lainnya bila Bunda akan segera melahirkan: 

Doa pertama 

(Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wa hab lamaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami'un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii'aada

Artinya: "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kamu limpahan rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkau jualah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji." 

Doa kedua 

(Yaa fattaahu yaa rahmaan ya rahiim

Artinya: "Wahai Dzat pembuka pintu rahmat, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, wahai Dzat Yang Maha Penyayang." 

7. Doa saat mau melahirkan caesar 

Bagi Bunda yang mau melahirkan caesar, dapat membaca doa berikut: 

(Hasbunallaahu wa ni'mal wakiilu 'alallaahi tawakkalnaa

Artinya: "Allah telah mencukupi segala sesuatu bagiku. Dan sebaik-baik tempat kuserahkan diri, hanyalah kepada Allah." 

8. Doa setelah selesai melahirkan 

Setelah melahirkan, Bunda disarankan untuk kembali berdoa kepada Allah SWT. Berikut bacaan doa setelah selesai melahirkan: 

(U'iidzuhuu bil waahidis shomadi min syarri kulli dzii hasadin

Artinya: "Aku berlindung darinya dengan pertolongan Tuhan Yang Esa, yang ditumpukan segala kehendak kepada-Ny, dari sekalian yang mempunyai dengki." (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER