Kanal

Panduan Keluarga Nabi untuk Mengajarkan Anak Berpuasa dalam Islam

RUANGRIAU.COM - Sebagai orang tua, penting bagi Bunda untuk menanamkan pemahaman yang baik tentang Ramadan dan berpuasa kepada Si Kecil. Pemahaman yang baik sangat penting agar Si Kecil dapat memahami esensi berpuasa dan mengapa perintah itu diturunkan oleh Allah SWT. 

Tidak mudah menjelaskan konsep baru seperti berpuasa kepada Si Kecil. Bunda harus sabar dan kreatif dalam menyusun kata menjadi sederhana, sehingga dapat dipahami dengan baik oleh anak. Selain penjelasan, contoh dan teladan dari Ayah dan Bunda amat diperlukan untuk dapat dicontoh oleh Si Kecil. 

Rasulullah SAW adalah contoh teladan bagi umat muslim dalam segala aspek kehidupan yang telah memberikan banyak pelajaran kehidupan, termasuk juga dalam hal berpuasa. 

Rasulullah SAW juga memberikan panduan-panduan bagi keluarga dan anak-anak dalam menjalankan ibadah puasa. Sebagai orang tua, Bunda bisa mengambil contoh dan keteladanan Rasulullah untuk mengajarkan dan membantu Si Kecil mengenal Ramadan dan ibadah puasa. 

Berikut ini adalah penjelasan Prof. Dr.Masyitoh Chusnan, M.Ag., dari Aisyiyah yang mengajak Ayah dan Bunda meneladani sikap Rasulullah dalam mengenalkan puasa kepada anak. 

Ayah yang ideal dalam keluarga 

Masyitoh menjelaskan bahwa Anas bin Malik, pembantu Nabi selama 10 tahun, sekaligus sahabatnya yang kemudian menjadi perawi hadis pernah mengatakan, “Aku tidak pernah menjumpai seorang ayah, seorang pemimpin keluarga yang sangat perhatian kepada keluarganya di tengah tengah kesibukannya.” 

Ibnu Katsir, di dalam Kitab Biayah wan Nihayah juga pernah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW setiap saat menengok putranya yang berada di dalam susuan ibu susunya. 

Di tengah kesibukannya, Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri menengok keluarga, untuk mengetahui bagaimana keadaan anak-anaknya yang sedang dalam susuan ibu angkatnya. Begitulah gambaran kasih sayang dan kecintaan Rasulullah SAW kepada keluarganya. 

Panduan Keluarga Nabi Mengajarkan Anak Berpuasa 

Menurut Masyitoh, tidak ada secara spesifik apa yang dipandukan Rasulullah SAW untuk berpuasa kepada anak dan cucu-cucunya, Bunda. Putra-putra Rasulullah SAW sendiri pada umumnya meninggal ketika masa kecil. Rasulullah SAW telah ditinggal oleh putra-putranya semasa hidupnya dan hanya didampingi putrinya, Fatimah Az-Zahra. 

"Ajaran tentang berpuasa itu hanya fragmen kecil saja, banyak fragmen-fragmen yang ditunjukkan Rasulullah dalam rangka kecintaan Rasul kepada mereka (keluarganya)," ujar Masyitoh kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu. 

"Misalnya, ketika cucu-cucunya, Hasan dan Husain pernah menunggangi beliau dijadikan sebagai kendaraan itu hanya menunjukkan kasih sayang beliau atau bagaimana Beliau kepada Fatimah ketika Fatimah datang di masjid, Beliau cium tangannya menunjukkan bagaimana perlakukan Ayah kepada anaknya," lanjutnya. 

Dalam mendidik anak maupun cucu-cucunya, Rasulullah SAW selalu menekankan bahwa hidup ini jangan untuk urusan duniawi. Hal yang ditekankan dalam ibadah puasa adalah mengajarkan Si Kecil berpuasa sedari dini. 

Sejak kecil, anak-anak harus dikenalkan tentang apa itu kewajiban seorang muslim, bagaimana cara berpuasa, atau kenapa seorang muslim diwajibkan berpuasa. 

"Puasa untuk membiasakan mereka (anak-anak) kenal dengan kejujuran, dengan berpuasa sesungguhnya mendidik anak-anak kepada kejujuran," ungkap Masyitoh. 

Oleh karena itu, hendaknya apa yang dicontohkan Rasulullah SAW bisa menjadi acuan untuk Ayah dan Bunda mengenalkan puasa kepada Si Kecil sedari dini meskipun puasanya belum sempurna. Penting untuk Si Kecil mulai membiasakan diri mengikuti Ayah dan Bunda bersama-sama ikut berpuasa. 

Nah, itulah sikap Rasulullah SAW sebagai seorang Ayah dan bagaimana panduan mengenalkan ibadah puasa Ramadan kepada Si Kecil. Kuncinya adalah cinta kasih ya, Bunda. 

Mengajarkan ibadah kepada Si Kecil tidak boleh dengan memaksanya. Ajarkan pelan-pelan berikan Si Kecil pemahaman, kemudian praktikkan secara bertahap, dan jangan lupa Ayah dan Bunda contohkan terlebih dahulu, ya. Semoga informasinya bermanfaat ya, Mom. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER