Kanal

Pep Guardiola Cuma Kalah dari Sir Alex Ferguson

RUANGRIAU.COM - Sukses Manchester City baru saja mengunci titel juara Premier League 2022/2023. Manajer Man City, Pep Guardiola, kini cuma kalah dari torehan Sir Alex Ferguson. 

Man City dipastikan menjadi kampiun musim ini setelah rival terdekatnya, Arsenal, justru tumbang di tangan tim papan bawah Nottingham Forest 0-1. Dengan kekalahan itu the Gunners mengoleksi 81 poin dari 37 pertandingan, tertinggal empat poin dari the Citizens di puncak klasemen. 

Itu berarti dengan sisa satu pertandingan lagi, Arsenal tidak mungkin bisa mengejar perolehan angka Man City. Tim besutan Mikel Arteta itu maksimal hanya akan meraup 84 poin di pekan terakhir. Tim London Utara itu turut mengamankan status runner-up. 

Bagi Manchester City, ini adalah titel Premier League ketujuh dalam 12 musim terakhir. Sementara itu bagi Pep Guardiola, ini adalah titel Premier League kelimanya sejak menukangi si Biru Langit pada 2016/17. 

Opta mengemukakan, Guardiola menjadi manajer dengan koleksi titel Premier League terbanyak setelah manajer legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson (13). Manajer asal Spanyol itu hanya dua kali gagal mempersembahkan titel juara, yakni pada musim debutnya (Chelsea juara) dan pada 2019/20 (Liverpool juara). 

Jika ditilik sebelum Liga Inggris berubah format menjadi Premier League pada 1992, Guardiola cuma berjarak satu titel juara dari manajer-manajer top di masa lalu seperti Bob Paisley (Liverpool), George Ramsay (Aston Villa), yang pernah memenangi enam gelar kompetisi sepakbola tertinggi. 

Daftar Manajer Pemenang Liga Inggris Terbanyak 

Alex Ferguson 13 Manchester United
Bob Paisley 6 Liverpool
George Ramsay 6 Aston Villa
Matt Busby 5 Manchester United
Tom Watson 5 Liverpool, Sunderland
Pep Guardiola 5 Manchester City

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER