Kanal

Mom Perlu Tahu Nih, Penyebab Depresi pada Masa Menyusui

RUANGRIAU.COM - Proses menyusui menjadikan perubahan besar dalam hidup Mom. Sebab, Mom harus terikat selama 24 jam dengan bayi yang baru lahir untuk memberinya ASI.

Dibutuhkan persiapan mental dan fisik agar Mom tidak kelelahan serta jenuh.

Tidak dipungkiri bahwa menyusui menjadi momen yang menyenangkan sekaligus melelahkan untuk Mom. Minggu pertama setelah Mom melahirkan bisa dibilang itu adalah masa adaptasi Mom dengan si kecil.

Pada bayi baru lahir, biasanya harus diberi ASI setiap dua jam sekali, maka dari itu banyak Mom di luar sana yang setelah melahirkan justru stres saat harus memberi ASI kepada si kecil.

Jam tidur yang tidak teratur membuat Mom sering lelah dan merasa tertekan setiap kali si kecil menangis. Tidak jarang dari Mom juga ikut menangis ketika si kecil menangis karena kelaparan. Banyak Mom baru akhirnya menjadi baby blues karena belum siap dengan perubahan baru ini.

Dikutip dari artikel Romper, seperti dilansir dari haibunda.com, menurut The World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), sekitar 40-80 persen dari semua ibu baru mengalami "gangguan suasana hati ringan dan sementara" dengan 13-19 persen mengembangkan depresi pasca persalinan (PPD) ketika gejala berlangsung selama dua minggu.

Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional (IBCLC), Leigh Anne O'Connor, memberi tahu bahwa menyusui itu sendiri tidak menyebabkan depresi, tetapi pandangan masyarakat tentang hal itu dapat membuat Mom merasa lebih tertekan daripada yang memberi susu formula.

"Masalahnya adalah bahwa pemberian susu botol adalah norma budaya, kami melihat gambar bayi menyusu dari botol di media dan di kehidupan nyata," kata O'Connor.

"Tetapi gambaran tentang menyusui sering kali terlalu romantis. Menyusui jarang diajarkan, tetapi karena kita tahu betapa pentingnya, orang-orang disuruh melakukannya, tetapi dengan sedikit instruksi, maka para ibu menciptakan kembali roda itu berulang kali.” 

Bukan menyusui yang menyebabkan depresi, tapi mungkin saja Mom bisa depresi saat menyusui. Perkembangan penelitian mengenai pasca persalinan mencatat bahwa stigma terhadap pemberian susu formula dan tekanan untuk menyusui dapat memperburuk PPD. Serta dapat membuat Mom merasa sedih, putus asa, dan sedih tentang pilihan mereka. Kabar baiknya, anti-depresan aman digunakan saat menyusui.

Setelah melahirkan banyak perubahan hormonal yang terjadi, jika dibarengi dengan stres dan kecemasan menjadi seorang ibu baru, Mom dapat menemukan diri Mom dalam keadaan depresi. Tapi, fakta menyebutkan ternyata menyusui tidak membuat Mom deprsi lho. Jika menyangkut tentang tubuh Mom, menyusui sebenarnya menjauhkan Mom dari depresi. Stereotype masyarakat tentang menyusui tidak seperti apa yang dikatakan sains.

Dilansir The Conversation, Alia Heise, seorang konsultan laktasi menyebutkan saat wanita menyusui, kadar dopamin (hormon yang terkait dengan penghargaan) menurun untuk meningkatkan kadar prolaktin (hormon penghasil susu).

Heise menyarankan bahwa untuk beberapa wanita, dopamin turun secara berlebihan yang menyebabkan berbagai gejala, termasuk kecemasan, kemarahan, dan kebencian pada diri sendiri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar dopamin yang rendah dapat menyebabkan suasana hati yang rendah dan respons emosional negatif lainnya, fakta tersebut menunjukkan bahwa mungkin itulah penyebab Mom merasa tertekan saat menyusui si kecil. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER