Kanal

Pesan Gubri untuk Disdik: Pembelajaran Bahasa Daerah di Sekolah Harus Ditingkatkan

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberi pesan khsusu kepada Dinas Pendidikan. Ia minta agar sekolah-sekolah mengedepankan pembelajaran bahasa daerah demi  menjaga keberadaan bahasa daerah di wilayah setempat. 

"Kenapa ini dilakukan, karena Pemerintahan Republik Indonesia mencemaskan bila hilang dan punahnya bahasa daerah," ucap Gubri.


"Oleh karena itu, pemerintah pusat sekarang sedang mempersiapkan revitalisasi bahasa daerah untuk seluruh daerah di Indonesia," sambung Syamsuar.

Gubri menegaskan, di tahun 2024 Provinsi Riau sudah harus mampu untuk merealisasikan pembelajaran bahasa daerah di sekolah.

"Saya sudah sampaikan pada Dinas Pendidikan terkait hal ini. Jadi tahun depan kita sudah harus melaksanakan pembelajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah," tegas Gubri.

Lanjutnya, pembelajaran bahasa daerah juga merupakan arahan dari Sekjen Kemendikbud dan Sekjen Kemendagri. Dua kementrian itu sepakat bahwa bahasa daerah harus dijaga keberadaannya.

"Tentu saja, saya menyambut baik usulan tersebut, tujuannya sudah pasti, untuk menyelamatkan bahasa daerah. Jadi, hal ini bukan hanya untuk Riau saja, tapi untuk seluruh daerah di Indonesia," tegas Gubri. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER