Kanal

Terkait BBM Oplosan, Pengawas Kemetrologian Sidak SPBU di Rohil

BAGANSIAPIAPI (RUANGRIAU.COM) - Mendapatkan pengaduan dari masyarakat terkait adanya BBM oplosan jenis pertalite bercampur bio solar di salah satu SPBU, Pengawas Kemetrologian Rohil langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Kamis (16/3).

Kabid Metrologi Doni Lubis melalui Pengawas Kemetrologian Indra Surya menjelaskan, pihaknya turun ke SPBU RMJ Perkasa yang terletak di Jalan Bintang, Bagansiapiapi guna melakukan Sidak.

Dikatakan Indra, Sidak ini dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, maka atas informasi itu dilakukan pengecekan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis pertalite.

"Kita turun hari ini bersama dengan tim. Kita juga cek seluruh jenis bahan bakar apakah ada ihwal seperti yang diinformasikan masyarakat melalui media sosial," kata Indra.

Dijelaskannya, untuk mengetahui kualitas bahan bakar maka pihaknya mencek tingkat kejernihan warna, suhu dan sebagainya. "Sekilas mata dan sesuai alat yang kita gunakan semuanya sesuai. Tidak ada yang temuan seperti apa yang diinformasikan," katanya.

"Menurut kita semua yang dicek sesuai. Cuma untuk tingkat keakuratan itu menjadi kewenangannya Pertamina. Kita hanya melihat sekilas dari gelas ukur, secara kasat mata tidak ada keganjilan," imbuhnya.

Selain di SPBU RMJ Perkasa, katanya, tim Kemetrologian juga melakukan hal yang sama dengan SPBU yang ada di seluruh Kabupaten Rohil. "Sejauh ini kita sudah melakukan pengecekan SPBU di Kecamatan Rimba Melintang dan di Kecamatan Pujud, tidak ada temuan," pungkasnya.

Ditambahkan Pengawas SPBU RMJ Perkasa, Fikri Maulana bahwa saat mendapatkan informasi terkait adanya masyarakat yang mendapatkan bahan bakar pertalite bercampur dengan bio solar, maka pihaknya langsung siaga.

"Apapun itu keluhan masyarakat kami langsung tanggapi dengan cepat. Kami lakukan pengecekan dengan botol gelas kaca dengan alat ukur yang kami miliki," sebutnya.

Dirinya mengaku tidak tahu persis, apakah yang dikeluhkan masyarakat tersebut benar BBM pertalite dari SPBU RMJ Perkasa atau dari tempat lain. Sejauh ini, katanya, pihaknya terus melakukan pengecekan berkala terkait kualitas masing-masing minyak tersebut. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER