Kanal

Lapar Bisa Bikin Mudah Marah! Mengapa? Ini Penjelasan Studinya

RUANGRIAU.COM - Kondisi lapar ternyata kerap dikaitkan dengan amarah. Sebuah studi menunjukkan, semakin lapar seseorang maka semakin sulit untuk mengendalikan emosi. 

Hangry, gabungan antara hungry (lapar) dan angry (marah) menjadi fenomena yang sedang didalami oleh para ilmuwan. Salah satunya melalui studi tahun 2021 oleh Anglia Ruskin University (ARU) di Inggris dan Universitas Ilmu Kesehatan Karl Landsteiner di Austria. 

Studi tersebut menemukan bahwa rasa lapar berkaitan dengan tingkat kemarahan seseorang. Para peneliti mengumpulkan 64 orang dewasa dan mencatat tingkat kelaparan mereka dengan ukuran kesejahteraan emosional selama 21 hari. Ini hasilnya. 

Hasil Penelitian Terkait Lapar yang Bikin Orang Mudah Marah
Selama 21 hari, peserta diminta untuk melaporkan perasaan dan tingkat kelaparan mereka pada aplikasi smartphone selama 5 kali sehari. Memungkinkan pengumpulan data dilakukan di lingkungan sehari-hari peserta, seperti tempat kerja dan di rumah. 

Bagaimana hasilnya? ternyata, rasa lapar memang menyebabkan perasaan marah dan mudah tersinggung yang lebih kuat. Terlepas dari faktor usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, perilaku diet, dan ciri kepribadian individu, efek kelaparan pada peningkatan amarah tetap konsisten. 

Penelitian ini juga menemukan bahwa emosi negatif seperti mudah tersinggung, marah, dan tidak menyenangkan disebabkan oleh fluktuasi rasa lapar sehari-hari. 

Menurut penulis utama studi Viren Swami, Profesor Psikologi Sosial di Anglia Ruskin University (ARU), studi mereka merupakan studi pertama yang berfokus pada fenomena hangry. Meski demikian, studi ini belum memberikan cara untuk mengurangi emosi negatif tersebut. 

"Meskipun penelitian kami tidak menyajikan cara untuk mengurangi emosi negatif yang disebabkan oleh rasa lapar, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan melabeli emosi dapat membantu orang untuk mengaturnya, seperti dengan mengenali bahwa kita merasa marah hanya karena kita lapar," jelasnya dalam Science Daily dikutip Selasa (4/4/2023). 

Cara Mencegah Emosi Marah saat Puasa 

Bertepatan dengan ibadah puasa, umat muslim juga diwajibkan untuk menahan lapar dan amarah. Lalu, bagaimana cara mencegah marah saat puasa? berikut tipsnya dari Instagram Kemdikbudristek. 

1. Latihan fokus
2. Ekspresikan amarah dengan kegiatan positif
3. Olahraga
4. Cari udara segar di luar rumah atau ruangan
5. Menulis perasaan lewat jurnal

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER