Kanal

Danrem Berikan Materi Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa UIN Suska Riau

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Jadi narasumber pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan tahun 2023. Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca SAP MHan, berikan materi Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara Pada Mahasiswa Baru UIN Suska Riau. Senin (21/8/2023) aula UIN Suska Riau. 

Kehadiran Danrem yang disambut  lagu Bangun Pemudi dan Pemuda tersebut, juga dihadiri sekitar 2.700 mahasiswa dan mahasiswi baru, serta pejabat dosen yang ada di lingkungan UIN Suska Riau. 

Danrem menyampaikan, wawasan kebangsaan dan bela negara itu merupakan hal patut diketahui para generasi penerus bangsa. Terutama seperti situasi global, regional dan nasional yang dampaknya besar terhadap eksistensi berbangsa dan bernegara . 

“Hal itu bisa mulai dari krisis energi, pangan, air serta bayaknlagi dan lainya yang menyebabkan terjadinya perpecahan dan peperangan di beberapa Negara,” kata Danrem. 

Selain itu, Danrem juga menyampaikan, terkait  Bela Negara dimana bela negara itu merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara. Untuk itu mahasiswa juga harus mengambil peran penting dalam membangun masa depan negara sebagai bentuk Bela Negara. 

"Saat ini banyak hal yang dapat merusak generasi muda sebagai penerus kelangsungan suatu Bangsa, Jauhi Narkoba dan lindungi diri dari kehancuran masa depan. Negara menunggu pengabdianmu." ujarnya. 

Berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh pemerintah dalam meratakan pembangunan, mengatasi pengangguran serta inovasi Pangan juga turut disampaikan. 

"Selama 350 tahun lebih bangsa kita dijajah, jadikan itu sebagai motivasi dalam mengisi dan mempertahankan Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita," ujarnya. 

Sebagai informasi dalam kegiatan tersebut, Danrem juga meberikan kesempatan pada mahasiswa untuk ber tanya-jawab juga menjadi bagian penting dari acara ini menjadi sarana dialog dua arah antara mahasiswa dengan Danrem. 

Suasana kuliah umum kepada para mahasiswa umum berjalan dengan penuh kehangatan, semangat, komunikatif dan suasana keakraban. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER