Kanal

Lawan Rentenir dengan Pinjaman Tanpa Bunga

PEKANBARU (RUANGRIAU.COM) - Sebagai upaya melawan rentenir-rentenir yang merugikan pedagang, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberikan pinjaman tanpa bunga. 

Agar pedagang paham mengenai program dari Pemko ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, sosialisasikan program pinjaman tanpa bunga tersebut ke pedagang Pasar Cik Puan, Selasa (30/1/2024). 

"Program subsidi bunga ini merupakan salah satu dari lima program Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, yaitu memberikan pinjaman tanpa bunga ke pelaku UMKM," ungkap Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin. 

Pria yanh akrab disapa Ami, ini memaparkan bahwa program subsidi bunga ini sengaja dicetus Pj Wali Kota Pekanbaru sebagai bentuk dan bukti bahwa pemerintah ada bersama masyarakat. Hal ini juga tentu membantu para pedagang mikro dari pinjaman yang memiliki bunga tinggi. 

"Kalau dulu pedagang ini kan ada yang pinjam untuk usaha, pinjam empat ganti delapan. Jadi ini yang kita lawan, rentenir-rentenir seperti itu melalui program subsidi bunga ini," sebutnya. 

Lanjut Ami, pinjaman ini melalui BPR Pekanbaru dan bunga pinjaman tersebut akan disubsidi  Pemko Pekanbaru. Contohnya, jika pedagang meminjam Rp10 juta maka pedagang tetap membayar Rp10 juta dengan pola mengangsur. 

Lalu, salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan ini, yaitu peminjam tidak memiliki hutang lain ke Pemko. 

"Ini salah satu bentuk upaya kita untuk mengendalikan inflasi dengan menguatkan pedagang-pedagang ini. Jadi, kita kampanyekan lawan rentenir dengan memanfaatkan bantuan ini," ucap Kepala Disperindag. (*)

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER